Wednesday, May 4, 2011

KOMIK REKOMENDASI : ANAK KOS DODOL DIKOMIKIN

Ingin mencari komik Indonesia yang bagus? Agak susah memang, bahkan sejak beberapa tahun terakhir sejak saya jarang membeli komik impor dan lebih memilih membeli komik lokal, hanya ada beberapa saja komik Indonesia yang mengena di hati saya, salah satunya ini :

Yup, komik rekomendasi saya kali ini adalah : Anak Kos Dodol Dokomikin dan Anak Kos Dodol Dikomikin vol 2. Sebenarnya saya sudah membeli dua komik ini sejak 1 atau 2 tahun yang lalu, tetapi hingga sekarang saya tetap terkesan dendan isinya. Pertama kali saya membeli komik ini karena provokasi dari seorang teman bahwa komik ini sangat bagus. Terus terang jika saya hanya melihat cover-nya, dan disuruh membeli, maka saya akan langsung berkata :NO!... tapi ada baiknya saya harus belajar pepatah : Jangan nilai sebuah buku dari covernya saja”

Akhirnya saya beli komik ini, robek plastiknya dan saya buka halaman pertama :

Dan beberapa halaman awal…..

Beuh.. OK, saya salah menilai cover, ternyata sang komikus menyimpan skill-nya untuk ditunjukkan di halaman dalam. Mungkin gambar cover yang dodol itu disesuaikan dengan judul komiknya.

Sebenarnya format awal buku ini adalah novel yang berjudul Anak Kos Dodol (yang kemudian dibuat komik : Anak Kos Dodol Dikomikin) dan Anak Kos Dodol lagi (yang kemudian dibuat komik : Anak Kos Dodol Dikomikin vol. 2). Novel ini ditulis Oleh Dewi “Dedew” Rieka dan komiknya diilustrasikan oleh K. Jati. Komik yang diterbitkan oleh Gradien Mediatama ini bercerita tentang pengalaman sang penulis, Dewi Rieka, saat masih kuliah dan tinggal di sebuah kost putri bersama teman-teman cewek lainnya yang dodol-dodol.

Dengan setting di sebuah rumah kost, banyak cerita yang mengalir di sini, dari cerita lucu, cerita dodol, cerita seru, cerita sedih… semuanya terangkum dengan baik di setiap bab-nya. Tapi yang paling mendefinisikan komik ini adalah : Ini komik komedi nan kocak. Sangat-sangat kocak. Entah siapa sebenarnya yang kocak, Dewi Rieka-nya ataukah K. Jati-nya? Ataukah keduanya? (Sayangnya saya tidak membaca yang versi novel) Tapi saya yakin baik penulis cerita ataupun komikusnya masing-masing mempunyai andil dalam ke-lucu-an di komik ini.

Dewi Rieka berhasil menceritakan pengalaman-pengalamannya saat masih kost dengan versi dia dan sedikit lebay. Ditambah lagi K. Jati pun mengilustrasikan cerita tadi dengan gaya yang tidak kalah lebay. Lihat saja beberapa halaman di bawah ini. Ekspresi karakter-karakter yang sangat berlebihan menjadi ciri khusus komik ini.

Saya sendiri sudah membaca komik ini hingga beberapa kali, dan setiap kali membacanya saya tetap ngakak. K. Jati benar-benar pandai dalam membuat ilustrasi. Jika kamu membacanya, jangan lewatkan sedikit saja detil dalam sebuah panel. Karena setiap detil dalam panel itu mempunyai cerita sendiri-sendiri. Itu yang membuat saya tetap ngakak walaupun membacanya berkali-kali karena banyak detil yang terlewat tidak terbaca oleh saya, saat pertama kali saya membacanya.

5 komentar:

green said...

Udah pernah baca komik ini, emang lucu banget sih, ada kelanjutannya nggak ya?

Talitha Winnie Eranza said...

Saya punya buku ini :))) Kocak, lucu, asik, menyenangkan. Must read!

syahrul wabula said...

bagi2 donk bkunya.,,,

Obat Ambeien Untuk Ibu Hamil said...

Komiknya lucu juga nih..

Ramos Siahaan said...

aku yang vol.2 udah baca. seru!

Post a Comment

 
Powered by Blogger